Friday, December 15, 2006
Survey ke Slamet
Setelah saya tunda beberapa lama...akhirnya saya post juga pengalaman saya ke Gunung Slamet beberapa hari lalu, sebenarnya keperluan saya ke Slamet adalah untuk survey terkait program Pendidikan Lingkungan dari Laboratorium satwa Liar Fakultas Kehutanan UGM.

Rombongan yang ikut dalam mobil Kijang AB 447 CE milik Fakultas Kehutanan UGM
*Kampus Tercinta* , antara lain Mas Wawan sebagai Project Coordinator (karena kegiatan Pendidikan Lingkungan ini adalah program pendukung dari penelitian mas Wawan tentang Lutung kelabu (Presbytis fredericeae) ), kemudian mbak Anika, istrinya Mas Wawan, Hari (kriting), saya sendiri, pak Wardi sebagai sopir dan Wibi ,kakak angkatan saya saya angkatan 2005, Wibi 2004).

Kami berangkat dari kampus sekitar pukul 14.00 Jum'at 15 Desember, dengan tujuan Dusun Windusari, Desa Kalisalak, Kecamatan kedungbanteng, Kabupaten Purwokerto *komplit banget yah....*

Pertama-tama kita langsung ke acara inti....yaitu.....

MAKAN.....

kita makan siang di RM Diva Minang Jalan kaliurang (depannya Istana Disc)
wah....karena saking kenyangnya....saya agak ngantuk sepanjang perjalanan...

Karena di perjalanan ga ada yg penting, cuman jalan aspal yang sudah sering diliat.. *padahal males nulisnya*, maka singkat cerita kami tiba di rumah Pak Nur arif, ketua RT di sana, yang rumahnya bakal jadi tempat nginep di sana, asal tahu saja, kalo sedang mengadakan penelitian, mas wawan tidurnya ya di rumahnya pak Nur Arif ini.

Jadi ketika sampai, ya kita disambut dengan ramah. Kayak keluarga yang datang dari jauh, bener2 ramah.

karena kami sampe udah malem, sekitar jam 8.30 malam, kami langsung tepar sendiri-sendiri.

Esoknya saya diajak jalan- jalan Mas wawan ke stasiun penelitiannya, di Gunung Cendana. di sana saya sempat melihat sekawanan Owa Jawa sedang bergelantungan, sama sekelompok Monyet ekor panjang.

nah....ketika kami pulang, saya heran kenapa anak bingsunya pak nur arif kok belum sekolah, padahal udah jam 7.30

Ternyata eh ternyata....

sekolahnya pulang pagi, karena hari itu, HARI PGRI, guru2nya upacara di kota


Modar......
padahal saya sama hari harus nemuin kepala sekolah....

akhirnya..saya sama Hari seharian keliling dari kantor Kepala Desa sampe pelosok desa buat nanyain alamat rumah pak Kepala sekolah yang berlabel Pak Susanto.
begitu ketemu rumahnya.....
orangnya ga ada....

akhirnya, kami berhasil nemuin kepala sekolah itu sabtu sore menjelang keberangkatan kami menuju Curug Cipendok.

Dan akhirnya kami memperoleh kepastian bahwa Pendidikan Lingkungan baru bisa dilaksanakan awal Februari.

karena urusan kami sudah selesai, maka sabtu sore kami menuju curug Cipendok. Dulu mas Wawan ambil data skripsinya di sini.
Kami menginap di Rumahnya kang Nasim, seperti yang terjadi di Kalisalak, sambutannya pun Ramah.Tipikal masyarakat pedesaan.

Minggu pagi, kami jalan2 ke curug, hujan2, karena masih pagi, jadi sepi...
wah...sejuk banget deh, udaranya....

Setelah puas jalan2 kami pulang ke Jogja sekitar jam 9, dan sampai di Jogja kira2 jam 2 siang

Begitu sampe Jogja...kepala puyeng mikir laporan yang seabrek....
 
posted by fareez at 11:15:00 pm | Permalink |


3 Comments:


  • At December 17, 2006 4:56 pm, Blogger Leny Puspadewi

    Jadi ke Gunung Slamet dlm rangka mau kasih 'kuliah' sama adek2 SMP (atau SD?) tentang lingkungan? Kok ke Gunung Slamet, bukannya orang2 kota yang suka bikin polusi yg ngerusak lingkungan...??

     
  • At December 18, 2006 11:33 am, Blogger fareez

    hmm...masalahnya ini kan pendukung program penelitian Lutung Kelabu, yg notabene habitatnya di lereng selatan Gunung Slamet...
    pengen juga sih, ngasih penyuluhan buat anak2 kota...

     
  • At December 18, 2006 3:02 pm, Anonymous Anonymous

    wah! asik nih naik gunung *jadi inget waktu kuliah* kapan2 coba naik gunung di sumbar yah *promosi mode on lageh*


    satwa di slamet masih lumayan yah? di sumbar, masih ada loh yang suka ketemu harimo

    hihihi...


    btw, ternyata RM padang ada di mana2, wakakakaa